Jumat, 06 Juni 2014

DESKRIPSI KERJA PROFESI IT

Deskripsi Profesi IT

didalam dunia IT sangat banyak sekali akan jenis peluang pekerjaan yang bisa dilakukan oleh pekerja IT. diantaranya memang diwajibkan untuk memiliki beberapa keahlian mendasar sebuah program. terdapat beberapa macam kriteria yang harus dimiliki sesorang jika ingin mempunyai pekerjaan tersebut.kita harus tahu terlebih dahulu mengenai apa saja job deskripsi yang ada pada bidang IT, kita dapat melihatnya seperti :

1. System Analyst

system analyst merancang solusi IT baru untuk meningkatkanefisiensi bisnis dan produktifitas.pekerjaannya dapat untuk eksternal client atau internal client (seperti departemen dalam organisasi yang sama).

mereka menghasilkan sketsa rancangan dan meminta sistem IT baru, menentukan operasi yang akan dijalankan oleh sistem, dan data akan dilihat oleh user, kemudian memberikan rancangannya kepada clien, setelah disetujui bekerja secara dekat dengan tim clien untuk mengimplementasikan solusi.


2. Software Engineer

Software Engineer meneliti, merancang dan men-develop sistem software untuk memenuhi keperluan client. setelah sistem sudah dirancang software engineer lalu diuji, debug dan memelihara sistem. mereka perlu memiliki pengetahuan berbagai macam bahasa pemrograman komputer dan aplikasi,karena luasnya bidang kerja yang dapa terlihat di dalamnya.


3. Network Engineer

Network Engineer bertanggung jawab untuk memasang dan mendukung komunikasi jaringan komputer dalam organisasi atau antar organisasi.tujuannya untuk memastikan operasi lancar dari jaringan komunikasi untuk menyediakan performance yang maksimum dan ketersediaan untuk user (staff, clien, customer, supplier dll).


4. IT Trainer

IT Trainer umumnya merancang dan memberikan kursus dalam information dan communication technologidesktopdan software khusus perusahaan. mereka juga menyediakan pelatihan dalam area yang lebih teknis untuk software engineer, teknisi, perancang website, dan programmar.


5. Application Developer

Application Developer menerjemahkan kebutuhan software ke dalam kode pemrograman singkat dan kuat. kebanyakan akan mengkhususkan pada lingkungan development tertentu seperti computer games atau e-commerce, dan akan memiliki pengetahuan yang dalam pada beberapa bahasa komputer yang bersangkut-paut.

Application Developer bekerja dalam range yang luas pada sektor bisnis seperti sektor publik, biasanya menjadi bagian dari timdengan IT profesional lainnya seperti system/bussiness analyst dan technical author.


6. Manajer Sistem Informasi

Manajer Sistem Informasi bertanggung jawab pada sistem komputer pada perusahaan, mengawasi pemasangan, memastikan sistem backup berjalan dengan efektif, membeli hardware dan software, menyediakan infrastruktur teknologi ICT untuk organisasi, dan berkontribusi dalam kebijakan organisasi mengenai standar kualitas dan perencanaan strategi.


7. Konsultan IT

Konsultan IT bekerja secara partnership dengan client, menganjurkan mereka bagaimana untuk menggunakan teknologi informasi agar memnuhi sasaran bisnis atau menyelesaikan suatu masalah. konsultan bekerja untuk memperbaiki struktur dan efisiensi dan sistem IT organisasi.

mereka juga bertanggung jawab untuk pelatihan user dan feedback. pada banyak perusahaan, tugas tersebut dilakukan oleh IT Project Team. konsultan IT makin terlibat dalam penjualan dan pengembangan bisnis.


8. Database Administrator

Database Administrator bertanggung jawab terhadap performance, integritas dan keamanan dari database. peran tambahan yang diperlukan kemungkinan besar termasuk perencanaan, pembangunan (development), troubleshooting.

pendekatan database mengikuti beberapa prinsip :
  • data tetap konsisten dalam database
  • data terdefinisi dengan jelas
  • user mengakses data secara bersamaan, dalam bentuk yang cocok untuk mereka
  • ada ketentuan untuk keamanan data dan recovery control
peran database administrator meningkat berdasarkan database dan proses yang dikelola dan kemampuan dari database manajemen sistem (DBMS)

1 komentar:

Posting Komentar