Senin, 02 April 2012

CVT


Ada yg mau ganti jeroan CVT??? kita baca dulu ulasanna dulu.... copas dr maticgrage. hehehe

Sebelum bicara dimensi roller saya akan coba clearkan dulu soal percvt dan roller, karena kalau langsung ke demensi roller pasti akan bingung lagi.

Saya akan mencoba menjelaskan prinsip cvt secara lebih sederhana, saya akan misalkan CVT seperti transmisi motor bebek agar lebih mudah dicerna.
Ada dua hal penting di CVT yaitu per CVT dan roller. Kita abaikan dulu parts2 lain di dalam cvt agar lebih mudah penjelasannya.

PER CVT ,
kalau dibandingkan dengan motor bebek maka gunanya per cvt ini adalah menjaga agar motor selalu berada di gigi 1 / gigi yg lebih rendah. (mirip seperti tumit kaki yg neken operan gigi ke belakang)

ROLLER
Sedangkan Roller adalah kebalikan dari per CVT , kalau dibandingkan dengan motor bebek maka gunanya roller adalah agar motor naik ke gigi selanjutnya sampai akhirnya ke gigi 4 atau 5 atau 6 ( mirip seperti jari2 kaki yg neken operan gigi ke depan)

Jadi antara per cvt dan roller ini terjadi gaya tekan menekan , kalau gaya tekan per CVT lebih keras maka motor akan berada di gigi rendah terus tapi sebaliknya kalau gaya tekan roller lebih tinggi maka motor akan pindah ke gigi yg lebih tinggi.

Kalau motor std pakai per cvt 1000 rpm lalu berat rollernya 12gr dan motor ketika ditarik ternyata nariknya halus sampai kec maks.

Lalu per cvt nya kita ganti ke 2000 rpm , per cvt 2000 rpm itu jauh lebih keras dari per 1000 rpm dan kita tetap memakai roller std 12gr maka ketika motor ditarik pasti hentakannya lebih terasa.

Kenapa lebih terasa?

Karena guna nya per cvt adalah mempertahankan motor di gigi yg lebih rendah , dan karena gaya tekan per cvt lebih keras maka motor cenderung berada di gigi yg rendah terus. Bayangkan motor bebek yg digas pol di gigi 1, pasti loncat. dan diopernya ke gigi 2 kalau mesinnya udah nggerung di rpm tinggi maka pasti motor loncat lagi.
Tetapi akibat terlalu kerasnya per CVT yg dipasang, motor Cuma bisa oper sampai gigi 3 aja karena berat rollernya tidak mampu menekan per agar transmisi pindah ke gigi 4. Jadinya motor emang enak buat di gigi 1, 2 dan 3 aja, tapi motor gak bisa pindah ke gigi 4.

Gimana kalau kita tetap pake per CVT 1000 rpm tapi rollernya kita entengin jadi 8 gr?
Efeknya sama aja seperti di atas , walaupun pernya CVT tetap tapi rollernya kita entengin maka berat roller tidak mampu menekan per cvt jadinya ya sama aja , motor tarikannya enak tapi gak bisa pindah ke gigi 4.

Gimana kalau per kita ganti ke 2000 rpm dan roller kita naikan ke 20gr, maka hasilnya ya hampir sama seperti standarnya karena gaya tekan per seimbang dengan berat roller

Gimana kalau per tetap di 1000 rpm tapi roller kita ganti jadi 20gr, nah yg ini hasilnya seperti kalau kita mindah gigi terlalu cepat , jadi kalau misal pake motor bebek startnya pake gigi 2 lalu baru di gas sebentar udah pindah ke gigi 3, lalu di gas dikit lagi pindah lagi ke gigi 4. Mesin terdengan halus karena gak perlu rpm tinggi motor udah pindah ke gigi selanjutnya.

Jadi sederhana kan kalau pengen motor tarikannya kenceng ya pake per yg lebih keras/ roller lebih enteng aja supaya motor tetep di gigi rendah dan baru pindah setelah mesin teriak , tapi akibatnya motor gak bisa pindah gigi 4 dan sudah pasti jauh lebih boros.
Sebaliknya kalau pengen irit dan mesinnya halus ya pake aja roller yg lebih berat/ per yg lebih lunak.

Nah yg bikin bingung itu ternyata gak semua per cvt yg keluar dari pabrik itu sama kerasnya dan juga gak semua mesin yg keluar dari pabrik itu punya performa yg sama.

Jadi kalau pernya kerasnya gak sama dan mesinnya tenaganya juga gak sama, kalau kita pake roller yg beratnya sama untuk semua motor matic udah pasti karakternya tiap motor bakal beda beda.

Kalau ada yg bilang 9 gr bagus untuk motor si A maka saya sarankan anda tidak percaya hal itu 100% karena berat roller 9 gr itu jelas bagus di motor A tapi belum tentu di motor B.

Gimana bisa sama kalau kita gak tau seberapa besar beda power mesin A dan B , belum lagi per CVT nya kerasnya sama atau tidak, belum lagi kalau kita bicara panjang belt, sudut ramp pulley dll.

Jadi saya sarankan coba-coba, karena tiap motor dan ridernya punya beda karakter dan beda power mesin.

Cara yg ideal adalah Pertama ganti per yg lebih keras lalu mainkan berat rollernya, untuk menemukan karakter yg pas. Tapi pasti akan menelan biaya yg lumayan mahal karena anda harus beli berbagai macam berat roller.

Cara yg paling murah adalah tetap pake pakai per anda yg sekarang dan sedikit demi sedikit entengin roller std anda sampai ketemu karakter yg pas dengan anda tanpa banyak mengorbankan top speed.

mudah2an membantu

6 komentar:

aq pke honda beat mas. thun 2011. niat e mw pke roller yg 13 gram. tp per cvt nya yg 2000. gmn mas kira2 nanti hasilnya.... soale mw tk pke buat KKN jrak jauh trus mas... trimakasih.
sinyo.vk@gmail.com

to mas adrian : klo untuk hasil sih gmna masing-masing orng yang menanggapinya, loreng yang gramnya lebih berat berarti dia pada akselarasi awal emng agak berat tapi atasnya naik trus, jika kita pakai roller enteng yaa akselerasi awalnya enteng tapi terkadang atasnya kosong. klo mau enak yaa di barengi dengan bore-up mesin, hehehe :D

Per cvt nya maks 1500 aj untuk msin std

Kalau motor nmax saya itu roler 12grm sama per cvtnya 1500rpm mas.. menurut mas sendiri gimana??

sebenarnya kerjanya sama dengan pakai gear rantai.
roller = gear depan
per cvt = gear belakang
banbelt = rantai
tranmisi = pully

Beat karburator. Saya pake per cvt 1500. Roller pakai std. Apa kah cukup untuk saya pakai perjalanan antar kota.

Posting Komentar